Featured

Inilah 5 Hotel Tempat Raja Salman & Keluarga Menginap Lengkap dengan Harganya

Pasti pada penasaran kan, di mana King Salman dan keluarganya menginap? Saya juga. Setelah menemukan video link yang berisi informasi mengenai tempat menginap raja Arab Saudi ini, saya iseng ngecek, berapa sih harga kamar yang disewa keluarga kerajaan ini per malam?

Harga yang ditampilkan di sini diambil dari website masing-masing hotel, tidak menggunakan booking site seperti Agoda atau Booking.com. Harga dicek berdasarkan ketersediaan kamar, dan mungkin berubah setiap hari. Tapi setidaknya kita bisa tahu kisaran harga yang menjadi pilihan keluarga kerajaan ini. Nah, hotel mana saja sih yang menjadi pilihan King Salman? Berikut ini daftarnya:

The Laguna, a Luxury Collection Resort & Spa, Nusa Dua, Bali Alamat: Kawasan Pariwisata Nusa Dua Lot N2, Bali, Bali, 80363, Indonesia  •   Phone: (62)(361)771327  •  In Indonesia, call: 08071 088888

Merupakan salah satu dari banyak hotel bintang 5 yang berlokasi di kawasan Pariwisata Nusa Dua, dulu dikenal dengan nama Kawasan BTDC.

Harga paling murah per kamar/malam: Rp. 1.995.000 dan termahal Rp. 11.508.160.

Penasaran dengan penampakan hotelnya? Cek galeri foto dan videonya di sini: http://www.thelagunabali.com/gallery 


Hilton Bali Resort

Jalan Raya Nusa Dua Selatan, Bali. Telp : +62-361-773377 FAX: +62-361-773388

Juga berada di kawasan hotel bintang lima, Nusa Dua. Harganya antara Rp. 2.144.000 – 5.844.000. Masih lebih murah dibandingkan dengan Laguna.

Cek disini untuk melihat-lihat gambarnya: http://www3.hilton.com/en/hotels/indonesia/hilton-bali-resort-DPSBAHI/accommodations/villas.html


 

The St. Regis Bali Resort

Kawasan Pariwisata, Nusa Dua, Lot S6, PO Box 44 Nusa Dua, Bali 80363

Harganya? Rp. 6.812.450 – Rp. 63.948.000 cuy! Itu per night bro!

Gimana, ada rencana honeymoon di sini? Berikut gambar-gambarnya: http://www.stregisbali.com/gallery


 

Mulia Resort – Nusa Dua Bali 

Jl. Raya Nusa Dua Selatan Kawasan Sawangan, Nusa Dua Bali, Indonesia 80363 – Direct Number: +62 361 3017777.
Harganya mulai Rp. 5.740.000 – Rp. 12.760.000/malam.

Bulgari Resort – Bali

Jalan Goa Lempeh, Banjar Dinas Kangin, Uluwatu, Pecatu, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361
Resort yang ini lokasinya jauh dari Kawasan Wisata Nusa Dua, Bali. Tapi pemandangannya memang tiada duanya. Inilah salah satu resort dengan pemandangan terbaik di Bali, tentu saja dengan harga tergila untuk sebuah hotel. Berapa harganya? Termurah Rp. 12.000.000, dan yang paling mahal itu Rp. 110.400.000/malam, bro! Harganya bikin jantungan! Gak percaya, liat aja tampilannya di website.

Nah, nggak penasaran lagi kan? Kira-kira kamu mau menginao di mana kalau liburan ke Bali?

 

Featured

Galeri Foto Pendakian Gunung Batur Bali

Pukul 01.30 pagi, mata kami belum sepenuhnya dapat beristirahat malam itu. Tapi kami harus bangun. Air dingin yang mengguyur badan sedikit membuat badan sadar dari tidur singkat kami semalam. Pukul 02.00, kendaraan meninggalkan Denpasar yang sudah sepi menuju daerah pegunungan Kintamani. Perjalanan ke Kintamani setidaknya akan memakan waktu 2 jam, cukup untuk memejamkan mata di mobil selama perjalanan.

24 22 21 20

Pukul 04.00 kami tiba di Banjar Serongga, tempat kami akan memulai pendakian. Di sana, seorang warga lokal telah menanti kami untuk mengantarkan kami mendaki dan juga sekaligus mempersiapkan segala sesuatu yang kami butuhkan selama perjalanan, mulai dari senter, minuman sampai bahan-bahan sarapan pagi.

Suasana masih gelap ketika kami memulai perjalanan. Ayam-ayam mulai berkokok bersiap menyambut pagi. Langit cerah, tapi masih pekat dan dihiasi bintang dan diselumiti kabut tipis di beberapa sudut langit. Sebelum perjalanan benar-benar dimulai, kami menyempatkan memasang tripod dan mengeluarkan kamera dengan shutter speed rendah mengabadikan pemandangan malam.

2

2_1

Pada 30 menit pertama, perjalanan tidak terasa berat, medan yang belum terlalu menanjak memungkinkan kami melangkah agak cepat namun masih bisa mengatur nafas dengan sempurna. 30 menit berikutnya jalan mulai menanjak tajam dan berpasir. Setiap beberapa menit salah seorang dari kami harus berhenti sesaat untuk mengatur nafas atau menenggak persediaan air minum. Ada tiga buah tanjakan tajam, yang oleh masyarakat Songan disebut dengan “manggar”.

Setelah perjalanan selama satu jam, melewati sedikit pertengahan jalan medan tidak lagi terlalu menanjak. Di beberapa bagian bahkan melewati jalan yang landai. Masyarakat lokal menyebutnya madya, yang artinya pertengahan. Sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak utama, kami sempatkan berhenti sekitar 1o menit sambil menikmati pemandangan subuh. Di bagian timur gunung ini dihiasi lampu dari perumahan penduduk. Di seberang danau, lampu terpantul ke danau menambah keindahan pemandangan di bawah kami. Tidak lupa kami memotret beberapa kali lagi untuk menangkap momen sebelum matahari terbit.

3

5Perjalanan kami lanjutkan menuju ke puncak paling utara Gunung Batur. Kami memerlukan waktu setidaknya 30 menit lagi sebelum sampai di puncak. Jalan yang kami lalui ternyata sudah sering dilewati oleh pendaki atau masyarakat sekitar yang mencari rumput, kayu bakar dan batu akik. Matahari terbit sekitar pulul 06.05 WITA.

Sampai di puncak kami masih menyisakan waktu 30 menit untuk menarik nafas sebelum momen matahari terbit. Di langit timur semburat warna keemasan ditutupi kabut tipis. Jauh di timur, Gunung Rinjani seperti mengambang di atas awan. Bila cuaca cerah, pulau Lombok bisa kita lihat dari puncak Gunung Batur. Sembari menanti matahari terbit kami mengabadikan momen ini. Shutter kamera seakan tak pernah berhenti membidik setiap sudut pemandangan.

Setelah jeprat-jepret di rasa cukup, pemandu yang mengantarkan kami menawarkan kami untuk melihat kawah-kawah kecil yang mengeluarkan uap panas. Di dalam lubang kawah kecil inilah kami akan memasak telur dan pisang yang akan kami tambahkan di sarapan kami. Pemandu mengatakan perlu 10-15 menit untuk merebus telur dengan uap panas ini. Tergantung dari seberapa panas uap yang keluar.

Sekembalinya dari merebus bahan sarapan kami, matahari mulai muncul perlahan. Warna oranye semburat mengihasi sebagian besar langit di sisi timur Gunung Batur. Kini kami bisa melihat dengan jelas pemandangan di sekeliling kami. DI timur kami menjulang Gunung Abang yang berwarna hijau. Di belakangnya terlihat Gunung Agung yang pada bagian atasnya hanya ditutupi oleh bebatuan tanpa pepohonan. Di kaki Gunung Abang membentang Danau Batur, adalah danau terluas di Bali dengan panjang pesisirnya mencapai 21 km. Di sebelah barat ada Puncak Penulisan yang tingginya melampui Gunung Batur. Di selatan agak ke barat adalah Penelokan, yang merupakan tujuan wisata utama di Kabupaten Bangli.

Gunung Batur lebih sering disebut “Bukit Barak” oleh masyarakat Desa Songan, yang artinya gunung merah. Warna merah memang mendominasi permukaan gunung pada bagian utara dan timurnya. Warna merah ini merupakan lapisan lahar tipis yang telah membeku dan kini menutupi bebatuan dan pasir di bawahnya. Karena padatnya lahar, hanya vegetasi tertentu yang bisa tumbuh pada lereng-lereng Gunung Batur.

16 15 13 11 10

Gunung Batur berdiri di tengah-tengah kawah besar yang oleh peneliti (van Bemmelen, 1949) disebut kaldera I. Puncak kaldera I ini berada di puncak Gunung Abang, Gunung Batur adalah anak dari kaldera I, kini disebut dengan kaldera II. Di dalam kaldera I inilah Gunung Batur dan Danau Batur berada. Kaldera Gunung Batur diperkirakan terbentuk akibat dua letusan besar, 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu. Selengkapnya bisa dibaca disini.

Gunung Batur telah berkali-kali meletus. Kegiatan letusan G. Batur yang tercatat dalam sejarah dimulai sejak tahun 1804 dan letusan terakhir terjadi tahun 2000. Sejak tahun 1804 hingga 2005, Gunung Batur telah meletus sebanyak 26 kali dan paling dahsyat terjadi tanggal 2 Agustus dan berakhir 21 September 1926. Letusan Gunung Batur itu membuat aliran lahar panas menimbun Desa Batur. (wikipedia).

9 7 5 4

Puncak Gunung Batur merupakan kawah setengah melingkar, dengan puncak tertinggi berada di sisi timur laut dan di barat daya. Pada sisi selatan, dinding kawahnya hanya berada pada sampai pertengan tinggi gunung. Pendakian dari arah selatan (Pura Jati) biasanya hanya pada sampai kawah sisi selatan. Sedangkan pendakian dari sisi utara langsung menuju pada titik puncak tertinnggi.

Apa yang menarik dari pendakian Gunung Batur?

Ada banyak hal menarik dari setiap pendakian Gunung Batur, misalnya:

  1. Tempat favorit untuk mencari foto-foto pemandangan. Kombinasi matahari terbit dan bentang alam pegunungan merupakan obyek foto yang sempurna. Ah, ini juga salah satu tempat selfie terbaik di Bali. Cek instagram dengan tagar #gunungbatur dan temukan beragam selfi dari pendaki lainnya
  2. Pengalaman sarapan pagi yang dimasak menggunakan uap panas gunung berapi
  3. Mengenal aktivitas volcano lebih dalam. Tempat yang bagus untuk studi dan konservasi
  4. Batu akik! Ya batu akik. Kadang tanpa sengaja kita menemukan bebatuan kristal di sepanjang jalan dan bisa anda gosok mumpung lagi musim batu akik.
  5. Pemandian air panas di kaki gunung
  6. Daerah pertanian yang subur di kaki gunung yang mengembangkan berbagai jenis tanaman sayuran.

Nah, kapan kamu mau mendaki si gunung merah? Silakan simak foto-foto berikut ini bila anda masih penasaran

3

 

4

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

 

 

Featured

Pesona Wisata Bromo: Sensasi The Lord of The Ring

Pukul 20.00, Daihatsu Terios yang mengantarkan kami (saya dan 4 orang teman dari Belanda) dari Bali dengan nyaman dan tangguh memasuki sebuah penginapan di Desa Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Setelah check in, kami segera makan malam lalu tidur. Tidak lupa berpesan kepada penjaga penginapan agar membangunkan kami esok pagi pukul 2.30.

Esoknya, pukul 2.45 pagi pintu kamar penginapan diketuk oleh penjaganya. Sebuah morning call yang terasa mengganggu nikmat tidur di pegunungan dengan hawa dingin menyengat. Penat perjalanan dari Bali sehari sebelumnya belum terbayar sempurna, tapi kami tidak ingin melewatkan pemandangan matahari terbit nanti. Meski menarik selimut dan melanjutkan tidur sebenarnya pilihan yang paling nyaman, dengan sisa-sisa kemalasan akhirnya kami menuju kamar mandi, sekedar mengusap muka dengan air yang sedingin es untuk menguapkan kantuk. Continue reading “Pesona Wisata Bromo: Sensasi The Lord of The Ring”

Unik, Tradisi Nganten Massal di Desa Pengotan – Bangli

Hujan deras dan angin mengguyur Desa Pengotan siang ini, namun warganya berdatangan dari semua penjuru desa dan terfokus di Pura Penataran Agung, Desa Pekraman Pengotan. Hari ini, Sasih Kadasa (bulan ke sepuluh) dalam sistem penanggalan Saka, adalah waktu di mana warga Desa Pengotan melangsungkan nganten (pernikahan) secara massal. Selain di Sasih Kedasa, prosesi ini juga dilangsungkan pada Sasih Kapat (bulan keempat).

Ada 21 pasang pengantin yang akan melangsungkan upacara pada hari ini. Jumlah ini tidak tentu, tergantung dari berapa banyak warga yang menikah dalam kurun waktu itu. Kadang lebih dari jumlah ini, kadangkala kurang.

Di tingkat desa, prosesi ini dimulai dengan sangkep anten yang dilaksanakan oleh prajuru Desa Pekraman Pengotan, tujuannya adalah memberitahukan kepada warga tentang upacara ini. Proses berikutnya adalah memotong sapi sebagai sarana utama dalam upacara ini. Selain sapi, penganten juga menyerahkan sari putih (nasi peserah) sebagai pelengkap mengikuti upacara dan akan digunakan untuk membuat kawas.

Bila tahap ini telah selesai, maka penganten dipanggil dari masing-masing rumahnya, dan diantarkan oleh sanak keluarga ke sisi kelod pura (sisi selatan) untuk melangsungkan upacara mekalan-kalan (upacara pembersihan) agar bisa memasuki areal utama pura bale agung.

Di areal pura bale agung, penganten mendapatkan akte perkawinan (proses ini sebenarnya proses administrasi dan kedinasan tapi digabung dalam ritual). Selanjutnya pengantin naik ke bale nganten yang berada di sisi timur pura bale agung. Pengantin pria dan wanita duduk terpisah. Penganten pria duduk di sebelah selatan dan penganten wanita di sisi utara. Di bale nganten ini mereka memakan sirih, sebagai simbol sah telah diterima menjadi warga desa pekraman. Sirih adalah petenget (simbol) bahwa mereka telah ikut menanggung suka duka dalam lingkungan desa mereka.

Prosesi selanjutnya adalah mepamit di sanggar agung lalu menaikkan damar kurung (lampu kurung) sebagai simbol memohon sinar suci dari Sang Pencipta. Sampai di sini, prosesi di pura bale agung telah selesai, namun dalam beberapa hari para penganten ini harus mebrata. Salah satu brata atau pantangan yang cukup unik di sini, warga desa yang ada di sebelah barat jalan tidak boleh menyeberang ke timur jalan. Begitu juga sebaliknya.

Foto & Teks: Didi Suprapta

Inilah, Jadwal Lengkap Pesta Kesenian Bali (PKB) 2017

Sedang di Bali atau berencana liburan ke Bali bulan Juni – Juli ini? Nah, pas banget! Kebetulan banget  10 Juni – 10 Juli tahun ini di Bali sedang digelar Pesta kesenian Bali yang ke-39. Selama sebulan penuh, bakan ditampilkan berbagai kesenian tradisional Bali, kesenian dari daerah lain di Indonesia bahkan kesenian dari luar negeri.

Kalau kamu sedang di Bali pada periode itu, jangan lewatkan untuk mengunjungi Pesta Kesenian Bali yang dipusatkan di Taman Werdhi Budaya atau Art Center, Denpasar. Pembukaannya dilakukan di depan Monumen Perjuangan Bajra Sandhi – Denpasar, hari ini 10 Juni mulai pukul 14:00 WITA.

Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun ini mengambil tema “Ulun Danu”, yang artinya “melestarikan air sebagai sumber kehidupan”. Memang, kesenian Bali itu erat kaitannya dengan agraria dan sistem pengairan masyarakat Bali yang disebut subak. Banyak kesenian-kesenian Bali yang lahir karena penghormatan masyarakat Bali terhadap air dan bumi sebagai sumber kehidupan di dunia.

Nah, biar kamu nggak salah waktu silakan lihat-lihat jadwal PKB seperti di bawah ini.

Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Sabtu, 10 Juni 2017
Jam 14.00 wita
Tempat Depan Monumen Perjuangan Rakyat
Bali
Acara Pelepasan Pawai PKB ke 39 Tahun
2017
Jam 18.00 wita
Tempat Kalangan Madya Mandala
Acara Gambelan Gong Gede, Sekaa Gong Gede
Kembang Wangi, Br Adat Dalem Tengaling, Desa Petak Kaja Gianyar
Jam 20.00 Wita
Tempat Arda Candra
Acara Pembukaan PKB ke 39 tahun 2017,
Pegelaran Gumita Murti “Kresna Dwipayana” ISI Denpasar
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39 Tahun 2017
Hari Minggu, 11 juni 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Tari Gamblungan Medi, Sanggar Lege
Sawitra Buleleng
Jam 11.00 Wita
Tempat Wantilan
Acara Kesenian Dinas Pariwisata Prov Nusa
Tenggara Timur
Jam 11.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Kesenian Dinas Pendidikan
kabupaten Magelang
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Lomba Taman Penasar, Sanggar Gita
Lestari Gianyar
Jam 17.00 Wita
Tempat Areal Taman Budaya
Acara Parade Ngelawang Sekaa Wisnu Wimba
Bangli
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Parade Arja, Sekaa Arja Wisnu Wimba
Bangli
Jam 20.00 wita
Tempat Gedung Ksirarnawa
Acara Kesenian dari Timor Leste
Jam 20.00 wita
Tempat Depan Gedung Kriya
Acara Parade Wayang kulit Parwa, Dalang
Remaja, Kab Badung
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Gong Kebyar Wanita Sekaa Gong Nila
Wikrama Tabanan, Dengan Sekaa Gong Lelateng Jembrana
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Senin, 12 Juni 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Tabuh Angklung, Sekaa Angklung
Yadnya Sari Yowana Badung
Jam 11.00 Wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Topeng Bondres Inovasi, Sanggar
Onet jembrana
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Joged Bumbung, sanggar Tari Dharma
Santhi, Buleleng
Jam 17.00 Wita
Tempat Areal Taman Budaya
Acara Ngelawang, Sanggar Dira Pradiva
Klungkung
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Gong kebray Remaja, Sekaa Gong Kuta
Citta Budaya Gianyar
Jam 20.00 wita
Tempat Depan Gedung Kriya
Acara Wayang Kulit Parwa, Dalang Remaja
Kabupaten Buleleng
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Gong Kebyar anak, Sekaa Gong Gita
Yowana Suara Karangasem dengan Sanggar Sudamala Puser jagat Taman Bali Bangli
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Selasa, 13 juni 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Tabuh Mandolin, Sekaa mandolin
Suarga suara Klungkung
Jam 11.00 Wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Barong Bangkung, Sanggar Gopala
Sari, Sading Mengwi Badung
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ratna kanda
Acara Topeng Prembon, Sanggar Susuik
Bondres Kabupaten Buleleng
Jam 17.00 Wita
Tempat Areal Madya Mandala
Acara Joged Bumbung, Sekaa Joged Jaya
Suara Jembrana
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Drama Gong Remaja, Perkumpulan
Lembaga PGRI Gianyar
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Gong Kebray Dewasa, Sanggar Manik
Suari Gianyar dengan, Sekaa Gong Kebyar Putra Semara Klungkung
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Rabu, 14 Juni 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Tabuh Semara Pagulingan, Kabupaten
Jembrana
Jam 11.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Topeng Bondres inovasi, Sanggar
Jaba Jero Gianyar
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Taman Penasar, Sanggar Suasana
Budaya kabupaten Jembrana
Jam 17.00 Wita
Tempat Kalangan Madya Mandala
Acara Joged Bumbung Kabupaten Tabanan
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Drama Gong remaja, Sanggar Nong
Nong Kling Buleleng
Jam 20.00 wita
Tempat Gedung Ksirarnawa
Acara Pemutaran Film Dokumenter
Jam 20.00 wita
Tempat Depan Gedung Kriya
Acara Wayang Kulit parwa, Dalang Remaja
Klungkung
Jam 20.00 Wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Prembon Klasik, Maestro Seniman
Bali
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Kamis 15 Juni 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Tari dan tabuh SD Saraswati 1
Denpasar
Jam 11.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Prembon Inovatif, SMK Penerbangan
Cakra Nusantara Denpasar
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Taman Penasar, Sanggar Majalangu
Kerobokan Badung
Jam 17.00 Wita
Tempat Kalangan Madya Mandala
Acara Parade Ngelawang, Sekaa ngelawang
Pucak manik Bangli
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Parade Arja, Sekaa Arja Arsa
Winangun, Kota Denpasar
Jam 20.00 wita
Tempat Depan Gedung Kriya
Acara Wayang Kulit Parwa, Dalang remaja,
Bangli
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Kolaborasi lawak Bali dan Artis Pop
Bali, yayasan kesenian Bali
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Jumat, 16 juni 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Kesenian Gambuh, Sanggar Bajra Seni
Kabupaten Badung
Jam 11.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Topeng Bondres inovasi, Komunitas
Seni Tugek Carangsari Badung
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Arja Anak, Sanggar Seni Siwa Ratri,
Blahpatuh, Kabupaten Gianyar
Jam 17.00 Wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Calonarang Ngunying, Pasraman Geni
Giri Murti Bangli
Jam 20.00 wita
Tempat Gedung Ksirarnawa
Kegiatan Pemutaran Film Dokumenter
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Gong Kebyar Wanita, Sekaa gong
Adnyana Gita Iswari Denpasar dengan Sekaa Gong Gita Pertiwi Budaya Badung
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Sabtu, 17 Juni 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat Ksirarnawa
Acara Talkshow Fotografi budaya, Korawa
Art Fusion Bali.
Jam 11.00 Wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Gender Wayang Anak (lomba)
Jam 11.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Topeng Bondres inovasi, Sekaa
Topeng Widya Ceraken klungkung
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Angsoka
Acara Tari dan tabuh, Sekaa Semara
Pagulingan Punia Bhakti Badung
Jam 17.00 Wita
Tempat Kalangan Madya Mandala
Acara Joged Bumbung, Sekaa Joged Giri
Suara Ulangun Buleleng
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Drama Gong Remaja,  Eka Werdi
Budaya Pucangan Bangli
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Gong Kebyar Anak, Sekaa Lila Krida
Wak bumi Klungkung dengan Sekaa Werdhi Budaya Badung
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Minggu, 18 Juni 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Gender Wayang Anak (Lomba)
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Bondres Dengan iringan Angklung,
Sanggar grongseng Poleng Badung
Jam 17.00 Wita
Tempat Areal Taman Budaya
Acara Ngelawang, Sanggar Angrawangsa
Gianyar
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Drama Gong Remaja, Sekaa Gong
Pohsanten Jembrana
Jam 20.00 wita
Tempat Wantilan
Acara Bondres Inovatif, Sekaa topeng
inovatif (STI) Denpasar Timur
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Gong Kebrar Dewasa, Padepokan Seni
Dwi Mekar Buleleng dengan sekaa gong Eka Dharma Tabanan
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Senin, 19 Juni 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara tari Kupu-kupu, Sekaa Ende truna
Gianyar
Jam 11.00 Wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Bumbung Gebyog, Sanggar Asta Musti
Bangli
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Topeng Prembon, Kabupaten Tabanan
Jam 17.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Dramatari Arja, Sanggar Seni Mumbul
Sari, Keramas Gianyar
Jam 20.00 wita
Tempat Depan Gedung Kriya
Acara Wayang kulit Parwa, dalang Remaja
Kota Denpasar
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Gong Kebyar Wanita, Sekaa Gong
Pandawa Gianyar dengan Sekaa gong Pradana Gita Kencana Buleleng
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Selasa, 20 juni 2017
Jam 10.00 Wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Mececimpedan tingkat SD
Jam 10.00 Wita
Tempat Wantilan
Acara Lomba Pidarta Bahasa Bali Tingkat
SMP
Jam 10.00 wita
Tempat Kalangan Angsoka
Acara Lomba Mesatua Bali tingkat SD
Jam 10.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Lomba Baca Berita Bahasa Bali
Jam 17.00 Wita
Tempat Kalangan Madya Mandala
Acara Calonarang “Madri Duta”
Sanggar Barong Somi Klungkung
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Arja, Sanggar Sekar Batukaru
Tabanan
Jam 20.00 wita
Tempat Gedung Ksirarnawa
Acara Pemutaran Film Dokumenter
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Gong Kebyar Anak, Sekaa Murdaning
Katon Jaya Denpasar dengan Sekaa Gong Bala Talawung Buleleng
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Rabu, 21 Juni 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Teater, Komunitas Mahima Singaraja
Buleleng
Jam 11.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Topeng Bondres Inovasi, Sanggar
Topeng Rare Kual Buleleng
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Taman Penasar, Sekaa taman penasar
Suara Santhi karangsem
Jam 17.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Legong Klasik, Sekaa Bali Ganda
Sari, Tampaksiring Gianyar
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Drama Gong Remaja, Yowana Pande Paramartha
Klungkung
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Gong Kebyar Dewasa, Sekaa Gong
Surya ART Badung dengan Sekaa Gong Pekutatan Jembrana
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Kamis, 22 Juni 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Janger Desa Menyali, Kabupaten
Buleleng
Jam 11.00 Wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Kesenian Bertopeng, Sanggar
Celekontong Mas Sukawati Gianyar
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Taman Penasar, Sekaa gong Pascima
Gita Ulangun Denpasar
Jam 17.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Wayang Wong Anak, Sanggar Yowana
Taksu, Gianyar
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Drama Gong Remaja, Ambara Buana
Santi Karangasem
Jam 20.00 wita
Tempat Depan Gedung Kriya
Acara Wayang Kulit Parwa, dalang Remaja,
Kabupaten karangasem
Jam 20.00 Wita
Tempat Kalangan Madya Mandala
Acara Bebondresan kolaborasi, sanggar Dou
liku Desa Serongga, Gianyar
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Jumat, 23 Juni 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Tabuh Klasik Saron, Sanggar Cupu Kembang
Dewata Gianyar
Jam 11.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Bebondresan, Sanggar Seni Dian
Kencana Tonja Denpasar
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Tari Bumbung gebyog dan tari leko,
Desa Baru Marga Tabanan
Jam 17.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Genjek, sanggar Kapan, Kusamba
Klungkung
Jam 20.00 wita
Tempat Gedung Ksirarnawa
Acara Pemutaran Film Domukenter
Jam 20.00 wita
Tempat Depan Gedung Kriya
Acara Parade Wayang Kulit Parwa, Dalang
Remaja Gianyar
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Madya Mandala
Acara Drama Gong “Bon Bali”
sanggar Kampung Seni Banuning Buleleng
Jam 20.00 Wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Arja SMPN 2 Semarapura Klungkung
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Sabtu, 24 Juni 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Dramatari Gambuh, Sanggar Seni
Citta Wistara Karangsem
Jam 11.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Bondres Inovasi, Sekaa Gong Sida
Merdangga Denpasar
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Taman Penasar, Sekaa taman penasar
Perean kangin Tabanan
Jam 17.00 Wita
Tempat Kalangan Madya Mandala
Acara Joged Bumbung, Sekaa Joged Werdhi
Kencana Badung
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Drama Gong remaja, Sekaa Drama Gong
Panda Yowana Tabanan
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Lomba Beleganjur Remaja
Baturenggong Badung – Semara Geger Karangasem – Sanggar Kuramas Bangli
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Minggu, 25 Juni 2017
Jam 10.00 Wita
Tempat Ksirarnawa
Acara Workshop Banten
Jam 11.00 Wita
Tempat Kalangan Angoka
Acara Tabuh Semara penggulingan Kabupaten
Jembrana
Jam 11.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Dramatari Prembon, sanggar Seni
Penyandang Cacat Rwo Bhineda
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Lomba Taman Penasar, Sanggar Kecupu
Mas Bangli
Jam 17.00 Wita
Tempat Areal Taman Budaya
Acara Parade Ngelawang, Sekaa ngelawang
Banjar Bunutan Tabanan
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Arja sanggar Citta Usadi Duta
Kabupaten Badung
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Lomba Beleganjur Remaja
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Senin, 26 Juni 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Seni Karawitan inovatif sanggar
Arjuna Swari Gianyar
Jam 11.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Dramatari, Sanggar seni Canging Mas
Tabanan
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Taman penasar, Widya Sabha Buleleng
Jam 17.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Dramatari Gambuh, Sanggar Seni
Satriya Lelana, Gianyar
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Drama Gong remaja, Sekaa Drama Gong
bandana Budaya Sari
Jam 20.00 wita
Tempat Gedung Ksirarnawa
Acara Pemberian penghargaan Pengabdi Seni
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Musik Kolaborasi, Sanggar Puri
Taman Saba Gianyar
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Selasa, 27 juni 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Tari Janger Sekaa janger Yudha
Pauwe Merdangga, Klungkung
Jam 11.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Topeng Bondres Inovasi, Sanggar
Gurnata SMK Kubu Bangli
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Taman penasar, Seka Taman penasar
Sraya Gita Komala Klungkung
Jam 17.00 Wita
Tempat Areal Taman Budaya
Acara parade ngelawang, Sekaa Ngalawang Gita Winangun Denpasar.
Jam 20.00 wita
Tempat Gedung Ksirarnawa
Acara Pemutaran Film Dokumenter
Jam 20.00 wita
Tempat Depan Gedung Kriya
Acara Wayang Kulit parwa, Dalang Remaja,
Tabanan
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Lomba/Festival Lagu Daerah
Anak-anak
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Rabu, 28 Juni 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Tabuh Semara Penggulingan Klasik
Tiga Gaya, Sanggar Mekar Bhuana
Jam 11.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Topeng Prembon Inovatif, Sanggar
Manik Kencana, Ubud
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Topeng prembon, Komunitas Seni dan
Budaya Tugek Carangsari
Jam 17.00 Wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Legong lanang, Sanggar Balerung
Mandara Gianyar
Tempat Depan Gedung Kriya
Acara Wayang Kulit Parwa, Dalang Remaja
Jembrana
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Lomba / Festival lagu Daerah Bali
Anak-anak
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Kamis, 29 Juni 2017
Jam 10.00 Wita
Tempat Ksirarnawa
Acara Sarasehan
Jam 10.00 Wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Lomba Kerajinan
Jam 11.00 wita
Tempat Kalangan Angsoka
Acara Legong Muani, sanggar
Ardhanareswari Denpasar
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Pelegongan Klasik Saba, Sanggar
Seni Saba Blahbatuh Gianyar
Jam 17.00 Wita
Tempat Kalangan Madya Mandala
Acara Joged Bumbung, Sekaa Joged Quri Mas
Gianyar
Jam 20.00 wita
Tempat Wantilan
Acara Teater Kontemporer, teater Sadewa
Denpasar timur
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Lomba?Festival Lagu daerah Bali
Anak-anak
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Jumat, 30 Juni 2017
Jam 10.00 Wita
Tempat Ruang Cinema, Lantai Bawah Gedung
Ksirarnawa
Acara Semiloka Pesta Kesenian Bali
Jam 11.00 Wita
Tempat Kalangan Angsoka
Acara Tari leko, Komunitas Seni Padma
Budharam Tabanan
Jam 11.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Legong Calonarang, Sanggar Tabuh
Tari, Ardhanareswari, Badung
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Topeng Prembon, Sanggar Darma
Prawerti, Karangasem
Jam 17.00 Wita
Tempat Kalangan Madya Mandala
Acara Joged bumbung, Sekaa Joged Selati,
Bangli
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara parade Arja, sanggar Suara Kanti,
Gianyar
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Gong Kebyar Wanita, Sekaa Gong Jayeng
Gurnita Klungkung dengan Sekaa Gong Sunari Gading Iwapi Karangasem
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Sabtu, 1 Juli 2017
Jam 10.00 Wita
Tempat Ruang Cinema Ksirarnawa
Acara Diskusi Tematik Pesta Kesenian Bali
Jam 11.00 Wita
Tempat Kalangan Angsoka
Acara Tari dan tabuh Tradisi dan kreasi,
sanggar Seni Citta Usadhi
Jam 11.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Seni Karawitan Inovatif, sanggar Seni
Mario Bross Badung
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Topeng Prembon, Sekaa Prembon Manis
Astagina Klungkung
Jam 17.00 Wita
Tempat Areal Taman Budaya
Acara Parade Ngelawang, Sanggar Sangita
Mredangga, Jembrana
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Drama Gong Remaja, Sekaa drama Gong
Dharma Duta Laksana
Jam 20.00 wita
Tempat Gedung Ksirarnawa
Acara Kesenian Indian Classical anda Dance
performance India
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Gong Kebyar Anak, Sekaa gong SMPN 1
Negara dengan Sekaa Gong Semara Madu Gianyar
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Minggu, 2 Juli 2017
Jam 10.00 Wita
Tempat Ksirarnawa
Acara WorkShop Busana
Jam 11.00 Wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Gong Kebyar Mabarung, Sekaa gong
Lansia Kencana Winangun
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Tabug Jegog, Sekaa Jegog Badeng
Jembrana
Jam 17.00 Wita
Tempat Areal Taman Budaya
Acara Ngelawang, Sekaa Wayang Wong Guna
Murti Buleleng
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Arja Sanggar Arja Manik Sari
Buleleng
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Gong Kebyar Dewasa, Sekaa gong Gita
Bhuana Sari Karangasem Dengan Sekaa Gong Surya Kencana Bangli
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Senin,3 Juli 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara tari Baris upacara, Sekaa Baris
desa Pengotan Bangli
Jam 11.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Dolanan, Sanggar Dharma Panji
Lestari, Payangan Gianyar
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Gambelan Suling Inovatif, Sanggar
Suling Semeton Nika Manu
Jam 17.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Tari dan tabuh kreasi, komunitas
seni Kencana Agung Gianyar
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Barong Landung, Sanggar tari rare
Kumara Tegalalang Gianyar
Jam 20.00 wita
Tempat Gedung Ksirarnawa
Acara Kesenian dari Noujourn Ermasrah
korba Tunisia
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Gong Kebyar Wanita, Sekaa gong Sekar
Nagasari Bangli dengan Sekaa Gong Swandewi Duta Prov Bali
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Selasa, 4 Juli 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Genjek Kolaborasi Joged Bumbung, Sekaa
Astiti Bakti Bangli
Jam 11.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Tabuh Semara Penggulingan, Sanggar
Narada Gita Badung
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Topeng Prembon, Sanggar Yoga Suara
Gianyar
Jam 17.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Dramatari Gambuh Calonarang,
Komunitas Seni SMKN 4 Bangli
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Dramatari Prembon, Sanggar Asing
Pangguh Klungkung
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Gong Kebyar Anak, Sekaa Gong Sari
Sentana Tabanan dengan Sekaa Gong Wahana Gurnita Prov Bali
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Rabu, 5 Juli 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara tari Tabuh sanggar Cempaka Kuning
Tabanan
Jam 11.00 Wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Topeng prembon, Komunitas Seni
Listibiya Gianyar
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Tari Janger, Sanggar Ratu Kinasih
Desa Sumerta Kelod Dentim
Jam 17.00 Wita
Tempat Areal Taman Budaya
Acara Ngelawang, Sanggar Gurnita Mahakusa
Ulangun Badung
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Prembon Inovatif Sanggar Bangsing
Bhuana Sari Bali
Jam 20.00 wita
Tempat Gedung Ksirarnawa
Acara Pemutaran Film Dokumenter
Jam 20.00 wita
Tempat Ardha Candra
Acara Gong Kebyar Dewasa, Sekaa Gong Gita
Bandhana Denpasar, dengan Himpunan Seniman Muda (HSM) Kota Mataram
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Kamis, 6 Juli 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Dramatari Gambuh, Sekaa gambuh dwi
Tunggal, Denpasar
Jam 11.00 Wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Tabuh Jegog, Sekaa Jegog Tegal
Badeng Jembrana
Jam 14.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Barong, Sanggar Lebur Gangsa, Puri
Getakan klungkung
Jam 14.00 Wita
Tempat Wantilan
Acara Kesenian Kalimantan Tengah,
Jam 17.00 wita
Tempat Kalangan Madya Mandala
Acara Joged Bumbung, Sekaa Joged Bumbung
taman Gita Sunari Karangsem
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Arja Inovatif, Sanggar Widyaksara
Tonja Denpasar Utara
Jam 20.00 Wita
Tempat Kalangan Madya Mandala
Acara Wayang Boneka Raksasa, Les
Touristes, Les Grandes Personnes Alliance Francais Kolaborasi Dengan
Komunitas Yasa Putra Sedana
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Jumat, 7 juni 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Tari barong, Sanggar Bala Werdi
Agung Bangli
Jam 11.00 Wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Gambelan Gambang, Sekaa gambang
Kuna Alasangker Buleleng
Jam 14.00 wita
Tempat kalangan Ratna Kanda
Acara Topeng Prembon, Sekaa Gong Punia
Karya Denpasar
Jam 17.00 Wita
Tempat Kalangan Madya Mandala
Acara Joged Bumbung, Sekaa Joged Sekar
Rahayu Denpasar
Jam 20.00 wita
Tempat Kalangan Madya Mandala
Acara Bondres Inovatif komunitas Seni
Dadong Rerod Denpasar
Jam 20.00 wita
Tempat Gedung Ksirarnawa
Acara Pergelaran Wayang Wong Gaya
Yogyakarta, ISI Yogyakarta
Jam 20.00 Wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Calonarang, Rereg Kediri raja,
Sekaa Gong Semaranadi, Gianyar
Jadwal Pesta Kesenian Bali ke 39
Tahun 2017
Hari Sabtu, 8 Juli 2017
Jam 11.00 Wita
Tempat kalangan Angsoka
Acara Tari Legong Klasik, sekaa Palegongan
Pura Prajurit Denpasar
Jam 14.00 Wita
Tempat Kalangan Ratna Kanda
Acara Topeng Prembon, Sekaa Genta Mas
Tegalasah Bangli
Jam 17.00 Wita
Tempat Kalangan Ayodya
Acara Kesenian Provinsi Jawa Barat
Jam 20.00 Wita
Tempat Ardha Candra
Acara Penutupan Pesta Kesenian Bali ke 39
tahun 2017 Sendratari SMKN 3 Sukawati Gianyar

 

Bisnis Trip ke Bali, Nginep di Mana?

Akhirnya, setelah tersimpan di draft selama dua bulan karena ada perbaikan website post ini terbit juga di blog.

Sering melakukan bisnis trip ke Bali? Bali sebagai hub bisnis internasional menjadi tempat yang disinggahi traveler untuk tujuan bisnis. Banyak teman-teman dari luar kota yang meminta informasi tentang hotel terbaik untuk menginap ketika melakukan bisnis trip ke Bali, khususnya di Kuta. Ada ratusan hotel dengan pemandangan menarik serta fasilitas dengan standar internasional. Tapi, hotel dengan fasilitas layaknya kantor di mana?

Pilihan saya jatuh pada Alaya Resort Kuta. Berada di jantung pusat wisata Kuta, Alaya Resort Kuta tidak hanya menjadi hotel sebagai tempat menginap belaka. Lebih dari itu, Alaya bagi saya adalah sebuah virtual office, karena menyediakan fasilitas layaknya sebuah kantor. Bahkan Alaya mendedikasikan sebuah ruangan untuk kantor bagi traveler yang melakukan perjalanan bisnis ke Bali.

Fasilitas yang tersedia di ruangan virtual office ini meliputi beberapa buah komouter dengan layar lebar, scanner dan printer, perpustakaan dan ruang meeting. Dengan interior yang modern dilengkapi dengan akses internet super cepat memberikan pengalaman bekerja di sebuah hotel layaknya di kantor kamu sendiri.

Ruang meeting yang luas beserta fasilitasnya bisa anda gunakan untuk mengundang kolega anda. Untuk harga sebaiknya anda tanyakan langsung kepada hotel bersangkutan. Berdasarkan pengalaman saya, komputer, scanner dan printer dapat dipergunakan tanpa ada tambahan biaya.

Di seberang ruang meeting ini ada restoran yang cukup luas dengan berbagai varian menu menjadi tempat yang ideal untuk menjamu kolega bisnis kamu. Interior restorannya cukup menarik karena dikerjakan oleh maestro arsitek mendiang Made Wijaya, pria keturunan Australia yang memilih menjadi warga Bali.

Kamarnya? Banyak! Mulai dari kamar deluxe sampai family room ada. Berikut tipe kamar yang tersedia di Alaya:

  • Deluxe Rooms, 45 sqm, Double/Twin
  • 22 Alaya Rooms, 45 sqm, Double/Twin
  • 6 Alaya Rooms Pool Acess, 45 sqm, Double/Twin
  • 6 Junior Suites, 60 sqm, Double
  • 2 Alaya Suites, 100 sqm, Double
  • 6 Family Suites (interconnecting Junior Suite and Deluxe Twin)

Informasi lebih banyak tentang kamarnya bisa dibuka di sini.

 

 

 

 

Ajaib, Di Desa Ini Mayat & Tengkorak Berserakan Tak Berbau!

Ngeri tapi ajaib! Itu yang pertama terlintas di kepala saya ketika pertama kali menginjakkan kaki di kuburan Desa Trunyan. Ngeri karena di depan mata tulang-tulang dan tengkorak berserakan di tanah memenuhi hampir seluruh areal pemakaman desa Bali kuno ini. Ajaibnya, kamu tidak akan mencium bau busuk layaknya bau mayat yang membusuk. Meskipun ada mayat yang tak terkubur dan baru meninggal beberapa hari (yang biasanya mengeluarkan bau menyengat dan menjijikan), di tempat ini sama sekali tak tercium bau itu. Ajaib memang!

trunyan121245

Inilah atraksi menarik yang ditawarkan Desa Trunyan. Wisatawan diajak berkeliling di areal pemakaman, menyaksikan  mayat yang membusuk di bawah pohon taru menyan tanpa dikubur. Mayat-mayat ini berjejer ditutupi anyaman bambu mengeruut yang disebut ancak saji. Di dalam ancak saji ini, kamu bisa menyaksikan langsung mayat-mayat yang membusuk dan mengering tanpa mengeluarkan bau sedikit pun. Konon, pohon taru menyan itu yang menyerap bau busuk yang keluar dari mayat-mayat itu.

trunyan

trunyan-copy

Menurut cerita masyarakat (ini sebenarnya semacam dongeng- bisa di cari di internet dengan keyword: Hikayat Desa Trunyan), dahulu kala raja yang berkuasa di desa ini bersabda agar masyarakat sengaja tidak mengubur mayat untuk menetralisir bau harum semerbak yang keluar dari pohon taru menyan. Cukup dengan menaruh mayat di bawah pohon berbau harum itu. Sang raja takut bila pohon tau menyan yang konon mengeluarkan bau harum sampai ke luar pulau itu bisa mengundang musuh yang akan menyerang desa itu. Nah, semenjak itulah kebiasaan menaruh mayat di bawah pohon taru menyan itu berkembang sampai saat ini.

whatsapp-image-2016-12-08-at-21-46-37 whatsapp-image-2016-12-08-at-21-46-27

Dalam sejarah kepariwisataan Bali, Trunyan sebenarnya sudah dikenal sejak tahun 70-an. Sempat booming di tahun 80-an sampai tahun 90-an. Masyarakat Trunyan yang belum sepenuhnya siap menerima ledakan turis yang berkinjung ke tempat ini sempat membuat pengunjung tidak nyaman yang menyebabkan turunnya kunjungan turis ke tempat ini sejak tahun 90-an. Kini Pemerintah Kabupaten Bangli mulai melakukan pembenahan dan pelatihan sadar wisata bagi masyarakat sekitar. Kini, Trunyan sudah lebih teratur dan layak dijadikan alternatif tujuan berlibur di Bali.

trunyan-copy-3 whatsapp-image-2016-12-08-at-21-46-23 trunyan-copy-2

Tempat wisata ini bisa dicapai dengan menggunakan perahu cepat (speed boat) dari Dermaga Kedisan dengan tarif mulai Rp. 500.000/boat dengan kapasitas 2-8 orang. Perjalanan lewat danau ini bisa ditempuh dengan waktu kurang dari setengah jam. Dalam perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan kaldera Batur dengan danaunya yang biru dikelilingi pegunungan hijau. Lembah-lembah di sekeliling danau dihuni oleh masyarakat sekaligus menjadi lahan pertanian subur akibat letusan dari Gunung Batur ratusan tahun lalu.

Dari Denpasar perjalanan menuju Trunyan ditempuh dalam 2-2,5 jam dengan kendaraan roda empat atau sepeda motor. Sesampainya di obyek wisata Penelokan, arahkan kendaraan kamu turun menuju ke danau sampai di Desa Kedisan lalu belok kanan. Sekitar 500 meter lagi kamu akan menemukan sebuah dermaga kecil tempat menyewa perahu yang akan membawa kamu ke Trunyan.

Yang Baru & Hits dari Singaraja – Krisna Funtastic Land

Sudah dengar Krisna Funtastic Land? Tempat ini memang baru dibuka dan belum banyak dikenal masyarakat. Tapi di media sosial sudah mulai heboh, lho! Yang bikin heboh itu, tiketnya terjangkau banget. Cukup bayar Rp. 10.000 untuk hari biasa dan Rp. 15.000 untuk hari libur dan akhir pekan. Tiket untuk masing-masing wahana cuma berkisar antara Rp. 5000- Rp. 22.000 saja!

3

2

Wahana baru ini berada di Jalan Raya Seririt – Singaraja sekitar setengah jam perjalanan dari Kota Singaraja dan buka hanya di sore hari mulai pukul 16.00-22.00 WITA. Krisna Funtastic Land merupakan anak perusahaan dari Krisna Holding yang memiliki beragam usaha mulai dari toko oleh-oleh sampai toko busana. Krisna Funtastic Land ini adalah usaha termuda yang kini sedang dikembangkan di Bali utara.

4

Krisna Funtastic Land menawarkan beraneka jenis wahana yang sangat cocok buat liburan keluarga. Bahkan di sini kamu bisa temukan kerangka pesawat yang bisa kamu jelajahi. Pengalaman seru bila kamu belum pernah naik pesawat, setidaknya kamu merasakan sensasi naik Krisna Air. Hehehe…

Ini dia wahana-wahana yang tersedia di Krisna Funtastic Land:

  1. Carousel – Kereta Kuda Ber Putar Putar
  2. Self Control Plane – Mengendalikan Pesawat Sendiri
  3. Airborne Shoot – Lontaran ke Udara dengan Penuh Semangat
  4. Boom-Boom Cars – Tabrakan Mobil yang Menegangkan
  5. Dragon Coaster – Petualangan Roaler Coaster Naga
  6. Rumah Kaca – Temukan Jalan Untuk Kembali
  7. Singaraja Flayer – Perputaran ke Angkasa Melihat Bintang
  8. Flying Cakra – Wahana Seru dengan Cakra Berputar
  9. Viking – Petualangan dengan Kapal Viking 
  10. Perahu Dayung – Mendayung Perahu Melewati Taman
  11. Lampion Catle – Taman Lampion dalam Area Kastil 
  12. Roda Gila – Mengendalikan Mobil Roda Gila
  13. Classic Train – Kereta Api Mini
  14. Krisna Air – Suasana Edukasi di Dalam Pesawat terbang
  15. Star Tour – Sepeda yang Berkeliling di Udara
  16. Inflatabel Castle – Kastil yang Penuh Kejutan

Untuk harga masing-masing wahana itu tanya di sana aja ya! Tidak mahal, kok. Berkisar antara Rp. 5000 – 22.000 saja.

5

Kalau kamu ke Singaraja, sepertinya kurang lengkap tanpa mampir di sini.

Catatan: foto diambil dari Official Facebook Page Krisna Funtastic Land

4 Cafe & Resto “Plus-Plus” yang Menarik di Ubud

Sudah bosan nyoba kafe-kafe atau resto di Denpasar, Seminyak atau Kuta? Mungkin kini saatnya kamu jalan-jalan ke Ubud. Ubud tidak hanya tentang seni atau budaya. Ubud telah menjadi pusat kuliner dan tempat nongkrong asik yang bisa menjadi pilihan kamu ketika jalan-jalan ke Ubud. Banyak kafe atau resto yang sudah terkenal sampai manca negara. Banyak pula kafe baru yang muncul dengan konsep-konsep menarik yang tidak hanya menyuguhkan makan atau minum, tetapi punya nilai plus yang menjadi daya tariknya. Oh ya, yang menemukan artikel ini dengan keyword cafe plus-plus, maaf ya. Bukan seperti yang kamu bayangkan itu maksud saya! 😀

Baiklah, ini dia beberapa kafe/resto yang mengusung konsep yang berbeda. Simak ya!

Rio Helmi Gallery & Cafe plus Galeri Fotografi

Rio Helmi Cafe and Gallery

Pecinta fotografi pasti kenal dengan maestro ini, Rio Helmi. Rio Helmi adalah seorang fotografer yang sudah dikenal sampai ke luar negeri. Kalau kamu ingin menikmati karya-karya Rio Helmi sambil menikmati breakfast atau minuman a’la Rio Helmi, datang saja ke studionya di Jalan Suweta Ubud, bersebelahan dengan Puri Ubud.

Di sini kamu tidak saja menikmati sajian khas makanan atau minuman hasil racikan Rio Helmi, tapi kamu akan disuguhi galeri kecil yang memuat karya-karya Rio Helmi. Bila kamu tertarik, kamu juga sekaligus membeli foto-foto yang dipajang di galerinya.

Photo by Rio Helmi
Photo by Rio Helmi

Perhatikan parkir kalau kamu datang dengan kendaraan roda empat. Sebaiknya kamu parkir di sentral parkir, sekitar 300 meter di sebelah utara galeri ini. Lalu kamu jalan kaki ke tempat galeri yang berada di sebelah gang menuju warung babi guling paling terkenal di Ubud, Ibu Oka.

Sebelum ke sini, cek dulu bagaimana suara-suara pengunjung yang sudah sempat menikmatinya di Tripadvisor.

Rondji Restaurant plus Museum Blanco

Rondji Resto didirikan oleh Mario Blanco, anak dari maestro pelukis Don Antonio Blanco. Berada tepat di atas Sungai Campuhan, restoran ini adalah salah satu restoran yang memiliki pemandangan terbaik di Ubud. Restoran ini dikelilingi oleh galeri seni milik Antonio Blanco, dikenal dengan Blanco Renaissance Museum.

ni-rondji-1

Nah, karena dikelilingi oleh galeri seni inilah, maka restoran ini menjadi menarik. Sembari berkunjung, ada baiknya kamu juga sempatkan diri melihat-lihat koleksi galeri ini. Don Antonio Blanco sendiri sudah cukup dikenal di Indonesia dengan karya-karya lukisannya yang banyak mengangkat Ni Rondji sebagai obyek lukisannya. Kisah cinta Blanco-Rondji ini pernah diangkat dalam sinetron dengan judul Api Cinta Antonio Blanco yang diputar di ANTV sekitar tahun 1998 lalu.

ni-rondji-2

Selain koleksi lukisan milik Antonio Blanco dan putranya Mario Blanco, tempat ini juga menjadi tempat penangkaran burung-burung yang termasuk langka. Salah satu burung yang sukses dibiakkan di sini adalah burung jalak bali yang kini makin jarang dijumpai. Lewat tangan telaten Mario Blanco, burung ini bisa kembali dijumpai di tempat ini.

Link Tripadvisor.com

Gaharu Garden Restaurant plus Taman Kupu-Kupu

Restoran ini sebenarnya agak jauh dari Ubud, sekitar 4-5 km di luar Ubud. Dari sisi makanan, sebenarnya banyak resto yang menawarkan makanan dengan menu seperti di resto ini. Yang membuatnya menarik adalah, Gaharu Garden berada di tengah-tengah taman kupu-kupu dan persawahan yang masih asri.

gaharu-garden3  gaharu-garden1

Restoran ini merupakan bagian dari taman kupu-kupu, Kemenuh Butterfly Park yang berada di Desa Kemenuh, Sukawati Gianyar. Bila kamu ingin menikmati masakan khas Bali ditemani oleh kupu-kupu di sekitarmu, tempat ini recommended banget deh!

gaharu-garden2

Cek komentar pengunjung di sini: Tripadvisor

Bali Pulina Coffee Garden Plus Museum Subak

Tempat ini sebenarnya sudah dikenal sejak lama. Namun mungkin belum banyak yang tahu bahwa di tempat ini kamu bisa kembali ke masa lalu, melihat-lihat koleksi museum kecil mereka. Meski kecil, museum yang hanya berupa rumah yang terbuah dari bambu dengan atap alang-alang ini memajang berbagai perlengkapan pertanian, nelayan, dan perkakas-perkakas dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin kini sudah jarang ditemukan.

bali-pulina11  bali-pulina10

Sajian utama dari kafe ini adalah kopi luwak. Sekaligus kamu bisa menyaksikan bagaimana petani mengolah kopi luwak hingga menjadi kopi yang paling tenar dengan harga termahal di dunia. Sebelum sampai di kafe, anda akan diajak berkeliling dan dikenalkan dengan berbagai tanaman di taman kecil di sekeliling kafe.

bali-pulina12

Satu lagi, tempat ini juga dilengkapi dengan jembatan yang cukup apik dan romantis. Di ujung jembatan ada jalan turun yang menuju kolam renang alamai di bagian bawah kafe. Bawalah pakaian renang, dan berenang setelah anda menikmatim suguhan kopi luwak di tempat ini.

Baca reviewnya di Trip Advisor

 

5 Pantai Tempat Bugil Paling Terkenal di Dunia

Meskipun bugil di pantai merupakan hal yang tabu secara umum, tetapi beberapa pantai di dunia telah terbuka dengan kebiasaan dari sebagian orang yang tidak lagi tabu berbugil ria di pantai. Di Indonesia belum ada pantai yang secara terang-terangan dianggap sebagai “pantai bugil”. Sekedar berbagi informasi, kami merangkum beberapa tempat yang menjadi tujuan wisata para wisatawan yang suka bugil di pantai.  Nah, kalau kamu ingin merasakan sensasi udara atau sinar mentari di seluruh tubuhmu, mungkin beberapa pantai yang sudah terkenal sebagai pantai bugil ini bisa menjadi referensi

Little Beach, Maui – Hawaii

Berlokasi di Maui, Little Beach adalah sebuah pantai yang terisolasi karena dikelilingi oleh semak-semak tinggi, dan batuan vulkanik terjal. Meskipun berjemur telanjang adalah ilegal di Hawaii, namun hukum belum ditegakkan di sini selama bertahun-tahun. Akibatnya, Little Beach telah menjadi tempat nongkrong favorit bagi naturists yang suka bertelanjang ria. Kegiatan di Little Beach sangat beragam, termasuk berenang, body surfing dan menonton ikan paus.

Haulover Beach, Amerika Serikat

Berlokasi di sebelah utara Miami.  Selama bertahun-tahun Haulover Beach telah menjadi surga bagi naturists dari South Florida serta snowbirds dari Kanada dan Eropa. Berkat upaya dari South Florida Free Beach Association, pantai ini telah disertifikasi penjaga pantai dan kegiatan kelompok yang terorganisir, seperti berenang dan bola voli.

Red Beach, Yunani

Sebuah pantai yang sangat indah. DIkelilingi oleh perbukitan berwarna merah dengan perairan yang berwarna biru jernih, reruntuhan kuno pantai ini merupakan surga bagi naturist.  Mulai terkenal sejak tahun 1968 ketika hippies dari seluruh Eropa berbondong-bondong ke pantai ini. Di sini telanjang diperbolehkan mana-mana (kecuali ruang makan). Pengunjung di Red Beach juga bisa menemukan gua-gua kuno yang menarik.

Praia do Pinho, Brazil

Pantai ini dibuka pada tahun 1987 yang terkenal dengan jargon “pakaian bukanlah pilihan”. Pinho Pantai ini terletak di kota Balneario Camboria, menjadi tujuan populer bagi pengunjung pantai dari Argentina dan Uruguay. penduduk kota dikatakan meningkat sepuluh kali lipat dari Desember sampai Februari. Selain ke pantai, daya tarik utama tempat ini adalah monumen terbesar kedua Brasil, Cristo Luz, patung raksasa Kristus.

Hedonism II Beach, Jamaika

Pantai sepanjang 7 mil ini terletak di Jamaika. Berpasir putih, resor di sini dibagi menjadi dua kategori. “:Telanjang”dan “Pemalu”. Kedua tempat ini dibuat terpisah dengan masing-masing fasilitas yang terdiri dari berjemur, volly pantai, dan lainnya.

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Keramas Aeropark

Sudah pernah ke Keramas Aeropark? Kalau belum dan kamu berencana ke sana bersama pacar atau keluarga, ada baiknya kamu tahu beberapa hal tentang wahana baru ini. Keramas Aeropark adalah tempat hangout baru buat pasangan atau keluarga. Mengusung konsep dining di dalam kabin pesawat, tempat ini langsung hit dan ramai pengunjung. Restoran utamanya adalah sebuah bangkai pesawat Boeing 737 yang sudah dimodifikasi menjadi tempat makan asyik tanpa kehilangan nuansa di dalam pesawatnya.

keramas-aeropark-2 keramas-aeropark-3

Sebagian besar komponen pesawat masih dipertahankan. Dari badan pesawat sampai interior masih asli seperti pesawat pada umumnya. Yang dimodifikasi sebagian besar tangga naik ke badan pesawat dan interior, khususnya pada seat. Bila seat di pesawat berjejer menghadap ke depan, seat di Keramas Aeropark ini diatur seperti halnya sebuah restoran. Meja dan kursi ditaruh di kiri kanan dekat dengan jendela. Di bagian tengah adalah area jalan layaknya seperti di pesawat.

keramas-aeropark-7 keramas-aeropark-8

Berikut adalah 5 hal yang perlu kamu tahu sebelum kamu berkunjung ke Kermas Aeropark yang soft opening pada tanggal 15 Oktober 2016 lalu.

Bayar Dulu, Duduk Kemudian

Tidak seperti di tempat lain, di sini kamu harus bayar dulu sebelum bisa menikmati suasana makan di dalam kabin pesawat. Setelah kamu membayar paket yang kamu pesan, baru kamu boleh naik dan masuk ke dalam pesawat. Bila kamu tidak mau membayar paket makan di dalam pesawat, kamu tetap dapat makan di sini tapi di bawah pesawat.

Paket Boarding (Makan di Dalam Pesawat) Rp. 250.000/2 orang

Kamu harus bayar minimal Rp. 250.000 berdua untuk masuk dan menikmati pengalaman makan di dalam pesawat. Harga ini sudah termasuk makanan pembuka berupa salad, main course, dan makanan penutup plus air mineral. Harga itu belum termasuk pajak. Total untuk 2 orang kamu akan membayar sekitar Rp. 280.000. Ada pula paket untuk empat orang bila kamu datang bersama rombongan. Lihat foto untuk daftar harganya.

keramas-aeropark-12 keramas-aeropark-5

Kamu Tidak Boleh Memilih Tempat Duduk Sesukamu

Tidak seperti di restoran pada umumnya, kamu bisa memilih tempat duduk sesuai keinginan kamu. Di sini tempat duduk ditentukan di kasir ketika kamu membayar tiket. Dari awal tempat dudukmu sudah ditentukan oleh mereka. Kamu akan diantar oleh pelayan untuk mencari tempat duduk kamu.

Akan Dibangun Hotel dari Pesawat

Mereka akan mengimpor bangkai pesawat baru dan akan digunakan sebagai hotel dengan nuansa pesawat pula. Mesk pun belum tahu kapan hotel ini akan dibangun, tapi staff yang sempat saya ajak ngobrol meyakinkan bahwa mereka serius akan membangun hotel dengan nuansa pesawat terbang.

Hindari Berkunjung di Hari Libur atau Akhir Pekan

Kenapa? Ramai. Di akhir pekan biasanya pengunjung membludak dan pelayan mereka kewalahan melayani tamu. Jadi kalau kamu datang pada jam-jam ramai, harap bersabar jika dalam sejam makanan yang kamu pesan belum juga datang.

keramas-aeropark-9 keramas-aeropark-10 keramas-aeropark-11

Nah, itu dia beberapa catatan yang bisa saya bagi setelah berkunjung ke Keramas Aeropark. Tempat ini berlokasi di Jalan Bypass Ida Bagus Mantra, tidak terlalu jauh dari Bali Safari & Marine Park. Dekat pula dengan Wake Bali Adventure, di mana kamu bisa melihat lumba-lumba.

 

Wisata Spiritual – Tirta Sudamala Bangli

Hari ini badan terasa penat setelah hampir tiap hari pulang pergi Bangli – Songan dalam beberapa minggu terakhir ini untuk persiapan Karya Panca Wali Krama di Pura Hulundanu Batur, Desa Pekraman Songan. Istri inisiatif ngajakin berendam di sungai untuk mengurangi kepenatan badan kami. Akhirnya kami sepakat untuk berendam sekaligus melukat di Tirta Sudamala sepulang istri dari kantor. Mengingat lokasinya hanya beberapa menit dari rumah, kami berangkat pukul 16.30 dari rumah. Sampai di lokasi, ternyata ramai oleh pengunjung yang melukat mengingat hari ini ternyata bertepatan dengan Kajeng Kliwon.

4

Tirta Sudamala sebenarnya sudah dikenal sejak dulu. Bahkan ketika saya masih SMA sekitar tahun 1997 sudah sempat ke tempat ini untuk melakukan ritual melukat. Namun saat itu masih sepi dan aksesnya juga masih sangat sulit. Kini setelah dikenal di seluruh Bali Sudamala sudah berbenah dan dilengkapi dengan akses yang mudah serta parkir yang luas. Bila anda memakai kendaraan roda 4 atau lebih, anda harus berjalan sekitar 200-300 meter untuk sampai di lokasi melukat. Sedangkan sepeda motor bisa turun dan parkir dekat tempat melukat. Hanya perlu melewati beberapa puluh anak tangga dari parkir sepeda motor.

1

Tempat ini masih sangat asri dan dikelilingi oleh rimbun pepohonan yang menghijau. Sebuah sungai kecil mengalir pelan dengan air jernih dimanfaatkan oleh masyarakat skitar untuk mandi dan berendam. Di atas sungai berdiri Pura Tirta Sudamala. Di sisi lainnya telah tersedia bangunan tempat istirahat, tempat donasi, loker dan ruang ganti.

6

Sebelum melakukan ritual melukat ini, sebaiknya anda persiapkan pejati dan canang secukupnya. Bila anda enggan membawanya dari rumah, anda bisa langsung membeli di sekitar tempat pelukatan. Anda diwajibkan melakukan sembahyang yang dipimpin oleh pemangku setempat sebelum melukat.

3

Setelah sembahyang dan menghaturkan pejati kamu boleh langsung menuju beberapa pancuran di sekitar lokasi. Pancuran utama terdiri dari 9 pancuran yang merupakan pancuran melambangkan Dewata Nawa Sanga. Untuk lebih jelasnya silakan tonton video singkat yang sempat saya abadikan dengan kamera sederhana. Selesai melakukan ritual melukat, anda akan diberikan tirta dan bija oleh pemangku.

5

Tirta Sudamala dipercaya oleh masyarakat sebagai tirta pelebur mala. Secara spiritual tirta ini dianggap bisa membersihkan kotoran rohani atau mala. Usai melakukan ritual anda dipercaya akan bersih dari beragam kotoran-kotoran secara spiritual.

7

Ingat, ini adalah tempat suci. Jadi perhatikan hal-hal yang pantang dilakukan di tempat suci. Salah satu keunikannya adalah, wanita hamil dilarang meminum atau nunas tirta di tempat ini. Tidak dijelaskan lebih lanjut apa dampak dari wanita hamil yang meminum tirta ini. Jangan lupa jaga kebersihan dan menyisihkan sedikit dana punia atau donasi untuk membantu warga merawat tempat ini.

Selamat melukat!