5 Makanan/Minuman Bali yang Paling Dicari Kalau Liburan ke Bali

Bagi kalian yang kepingin ke Bali buat liburan atau urusan bisnis, kerasa garing deh kalo gak sempat jalan-jalan menikmati Pulau Seribu Pura dan Sejuta Turis ini. Nah, selain tempat-tempat wisata di Bali emang eksotis, makanannya tak kalah eksotis juga. Bahkan Bali merupakan salah satu tujuan wisata kuliner yang patut dipertimbangkan, karena keragaman masakannya. Tapi kalian gak harus coba semua masakan Bali kan? Neh, saya bagikan 5 masakan Bali yang wajib Anda coba kalo sempet berkunjung ke Bali. Bagi yang muslim, beberapa masakan sebaiknya jangan dicoba ya, karena bahan utamanya mengandung babi.

Babi Guling

babi-guling-ibu-oka2

Boleh dibilang, ini merupakan ikonnya masakan Bali. Di sekitar Denpasar, setiap beberapa ratus meter kalian bakalan nemuin warung-warung yang menyediakan masakan khas Bali ini. Penandanya jelas, papan nama warungnya biasanya bergambar babi yang ditusuk dari pantat tembus ke kepala. (ih, sepintas terlihat kejam yah). Tapi setelah kalian coba masakan ini, hmmmmm….yummmyyy!!! Apalagi kulit luarnya yang kriuk…kriuk… Babi guling, dari namanya jelas adalah babi yang diguling atau dipanggang. Sebelum dipanggang, isi perut babi dikeluarin, dan diganti dengan bumbu dan rempah-rempah. Ada juga yang menambahkan batu di dalam perut babi. Lalu dijahit kembali. Baru dipanggang. Jadi pas dipanggang, kelihatan seperti babi utuh, Cuma bulu-bulunya aja yang udah dibersihin. Nah proses menggulingnya bisa berjam-jam bro. Biar mateng sampe sedalam-dalamnya dan kulit luarnya kriuk-kriuk. Dimana kalian bisa dapetin babi guling yang enak? Hampir di setiap sudut ada. Berikut yang sudah lumayan punya nama: Babi Guling Ibu Oka, di Ubud. Babi Guling Candra di Denpasar. Babi Guling Handayani juga di Denpasar. Harga? 10ribu untuk warung kecil dan 25ribuan untuk yang udah terkenal. Satu lagi, babi guling itu enaknya untuk makan siang, dilengkapi minuman es jeruk…Wow anda bakalan ketagihan deh!

Lawar

bali-food-lawar-nangka

Lawar ada beberapa jenis, ada lawar babi dan lawar ayam. Kini ada juga yang sudah jualan lawar sapi. Bahan utama lawar ini daging yang dicampur kacang atau kelapa bumbu Bali lengkap. Ada juga lawar yang dicampur dengan darah ayam atau babi. Lawar biasanya dijual juga di tempat kalian bisa dapetin babi guling.

Ayam Betutu

bali-food-ayam-betutu-2

Nah, ini juga menjadi salah satu ikon kuliner Bali. Cara pengolahannya hampir sama dengan babi guling. Di dalem perut ayam tuh, dimasukin bumbu dan sayur-sayuran. Bedanya, ayam gak diguling tapi dikukus. Bumbunya merasuk banget ke dalam daging ayam. Rasanya gurih. Orang Bali biasanya suka masakan yang agak pedas. Jadi ayam betutu ini lumayan pedas. Tapi jangan khawatir, ayam betutu mulai go internasional. Beberapa warung sudah mengurangi kadar pedas masakan ayam betutu. Penasaran nyoba? Cobalah Ayam Betutu Gilimanuk. Banyak cabangnya di sekitar Denpasar dan Kuta. Papan namanya biasanya dihiasi foto pelawak Bali. Harga murah kok, nggak nyampe 30ribuan kok!

Jaja Bali

local-market

Ini kue-kue basah ala Bali. Tau nggak? Masakan kue di Bali itu cenderung manis. Selain suka pedas lidah orang Bali suka manis. Dari deretan kue-kue basah yang cukup terkenal di Bali misalnya laklak, kelepon, bulung dan masih banyak lagi biasanya selalu menawarkan rasa manis. Pemanisnya dibuat dari gula kelapa. Di Bali disebut ‘gula Bali’. Yang unik itu kelepon. Bentuknya bulat-bulat seukuran bakso yang kecil. Didalamnya diisi cairan gula merah. Cara makannya tidak langsung digigit, baju kalian akan belepotan gula merah kalo dimakan dengan cara digigit. Makannya mesti dimasukkin dulu semuanya ke mulut. Kalo udah yakin mulut kalian rapat, baru deh digigit, dan cresssss…..rasakan sensasi cairan gula merah yang manis di lidah kalian… Dapat dibeli di semua pasar tradisional. Harga 500 rupiah juga udah dapet kok!

Tuak/Arak

Nah, ini khusus buat yang dewasa. Kalo anda tidak suka alcohol jangan coba yang ini. Arak Bali bahkan menjadi bagian dari lirik salah satu lagunya Slank. Arak Bali cukup terkenal karena kadar alkoholnya yang tinggi. Sedangkan tuak tidak terlalu tinggi. Ada juga tuak manis yang tidak mengandung alcohol. Sebenernya masih banyak varian masakan dan minuman Bali. Cobalah masuk ke pasar tradisional atau pasar malam. Kalian bakal temuin aneka masakan Bali. Kalo suka mencicip masakan nusantara, di Bali salah satu surganya!

Selamat berburu masakan. Kalo laper, saya nggak tanggung jawab.

Komentar dengan Facebook di Sini

Leave a Reply