Foto-foto dari Pendakian Gunung Abang – Kintamani, Bangli

Gunung Abang ini memang tidak se-populer Gunung Batur atau Gunung Agung. Tapi pemandangannya tak kalah cakep dibandingkan dengan pemandangan dari puncak Gunung Batur atau puncak Gunung Agung. Gunung Abang merupakan dinding kawah kaldera Batur pada sisi tenggara kawah besar yang terjadi akibat letusan Gunung Batur purba puluhan ribu tahun yang lalu. Sisa-sisa gunung purba inilah yang akhirnya membentuk kawah dinding berupa gunung yang pada sisi selatan yang kemudian dikenal menjadi Gunung Abang yang tingginya 2.151 m di atas permukaan laut. Sedikit lebih tinggi daripada Gunung Batur.

Puncak Gunung Abang bisa dicapai dari 2 sisi. Pertama dari Desa Suter, sebelah barat puncaknya dan satu lagi dari sisi timur tepat di atas Desa Trunyan. Pendakian dari sisi barat lebih dikenal karena lebih singkat dan jalurnya lebih ramai serta lebih mudah dilalui.

Pendakian kali ini dimulai dari Desa Suter, sisi sebelah barat puncak Gunung Abang. Mendaki Gunung Abang tidak harus dini hari seperti mendaki Gunung Batur. Yang lebih menonjol kala mendaki Gunung ini bukanlah pemandangan matahari terbitnya, tapi pemandangan kaldera Batur di bawahnya. Namun, pendakian sebaiknya dimulai pada pagi hari agar tidak terlalu panas dan menghindari kemalaman turun dari puncaknya.

Kamu akan mendaki sekitar 2-3 jam naik dan 2-3 jam turun. Pendakian dimulai dari Pura Tuluk Biyu, hanya beberapa ratus meter dari jalan utama jalur Suter Besakih. Perhatikan bahwa jalur pendakian Gunung Abang tidak seramai jalur pendakian Gunung Batur. Sebaiknya kamu membawa peralatan untuk memotong rerumputan atau dedaunan yang menghalangi jalan kalau tidak mau pakaian kamu basah oleh embun.

Jangan lupa bawa penerangan bila kamu mau mendaki dini hari. Jaket, selop tangan, topi juga penting, cuaca kadang ekstrim dan di bawah suhu rata-rata.

Nah, apa menariknya sih mendaki Gunung Abang? Ini ada oleh-oleh foto-foto pendakian Gunung Abang.

2

14 13 12 11

9

8 7 6 5

4 3 1

Komentar dengan Facebook di Sini

Leave a Reply